Jenis-jenis Iklan Online yang Sering Kita Temui

Jika ada yang bertanya apa yang dimaksud dengan iklan online? Jadi kita semua mungkin sudah tahu apa artinya.

Namun tentunya tidak semua orang mengetahui jenis iklan online ini.

Dahulu, iklan online merupakan upaya yang digunakan untuk strategi internet marketing berbayar yang dapat menampilkan website di hasil pencarian mesin pencari, contoh mudahnya adalah Google.

Jenis-Jenis Iklan Online

Berikut ini merupakan jenis iklan online yang diulas pada https://iklanwangi.com untuk strategi pemasaran digital Anda:

1. Iklan dari saluran media sosial.

Bagi yang sering menggunakan media sosial, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama iklan online yang satu ini. Media sosial menampilkan iklan seperti Facebook dan Instagram. Anda mungkin juga pernah melihat iklan dari Instagram ketika sedang menonton Instagram story teman Anda, dan tiba-tiba muncul iklan di tengah-tengahnya. Jadi sama halnya dengan iklan dari Facebook. Itulah beberapa contoh iklan dari media sosial yang sering muncul di kehidupan kita sehari-hari.

Kelebihan dari iklan ini adalah dapat membidik konsumen berdasarkan minatnya atau juga sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Bahkan membayar iklan online seperti ini hanya akan dibayarkan kepada yang sudah berhasil dilayani, atau dengan kata lain anda bisa membayar sesuai dengan total jumlah klik yang masuk ke website anda. Jadi bayar saja apa yang berhasil, agar lebih efektif, bukan?

2. Iklan Swalayan.

Iklan ini merupakan jenis iklan online yang dilakukan sendiri oleh pemilik bisnis online. Iklan jenis ini biasanya terlihat di berbagai layanan periklanan seperti Google AdWords. Di Google AdWords, Anda memutuskan bagaimana tampilan, materi, dan deskripsi iklan online Anda. Bahkan, Anda juga harus memutuskan apa yang ingin ditampilkan di mana dan kapan, misalnya Anda ingin tampil di kata kunci tertentu atau di blog yang sesuai dengan bisnis Anda.

Keunggulan yang masih dimiliki iklan jenis ini adalah kontennya benar-benar sesuai dengan keinginan pengusaha itu sendiri, bahkan desainnya harus ditentukan sendiri. Keuntungan lain dari iklan jenis ini adalah setiap iklan berbayar adalah iklan yang sukses, jadi setiap iklan yang diklik orang lain yang cocok dengan kata kunci yang Anda pilih, itulah yang akan Anda bayar nantinya. Ini hampir mirip dengan iklan media sosial nyata, tetapi untuk jenis iklan ini banyak digunakan.

Kekurangannya adalah pada saat ingin membuat iklan ini harus benar-benar paham seperti apa bisnis Anda, harus tahu di mana menempatkan iklan ini yang berpotensi menarik banyak pengunjung.

3. Iklan kontekstual.

Periklanan kontekstual adalah jenis periklanan online yang sepenuhnya ditargetkan untuk iklan yang akan muncul di situs web atau jenis media lainnya. Sebagai contoh konten yang akan ditampilkan di browser seluler. Selain itu, jenis iklan ini sendiri ditentukan dan disampaikan melalui sistem otomatis hanya berdasarkan identitas pengguna dan konten yang akan ditampilkan nantinya.

Bagaimana cara kerjanya? Jenis iklan ini akan memindai teks di situs web dengan kata kunci, dan kemudian iklan juga akan dikembalikan ke situs web berdasarkan kata kunci sebelumnya. Jenis iklan online ini bisa ditampilkan di halaman website atau berupa iklan pop-up. Misalnya, jika pengunjung melihat situs web yang berkaitan langsung dengan mode, banyak dari situs tersebut menggunakan iklan kontekstual. Oleh karena itu, pengunjung juga akan melihat iklan perusahaan yang terkait dengan jenis fashion tersebut.

4. Iklan langsung.

Direct advertising atau lebih sering disebut dengan direct advertising yang biasanya lebih identik dengan direct marketing. Sifat dari iklan jenis ini adalah mengadvokasi atau mengiklankan secara langsung kepada merek atau agen distribusi. Iklan langsung ini lebih kepada memperkenalkan merek kepada pelanggan berdasarkan pemahaman merek itu sendiri tentang apa yang diinginkan audiens yang tersegmentasi atau hanya berdasarkan kemampuan untuk membeli sesuatu.

Keunggulannya lebih praktis, karena hanya menampilkan iklan yang disesuaikan dengan keinginan pemilik usaha atau bisa juga dimodifikasi sesuai target konsumen sehingga bisa lebih efektif.

Previous post 9 kolam renang alami indah di bawah tanah