9 kolam renang alami indah di bawah tanah

Menyelamlah lebih dalam dari sebelumnya dan jelajahi dunia bawah tanah serta gua-gua kaleidoskop dengan berenang di kolam-kolam alami bawah tanah berikut ini.

Blue Cave di Kastellorizo, Yunani

Perahu membawa para perenang ke Blue Cave di Kastellorizo
Sekilas, sulit dipercaya bahwa Blue Cave di Kastellorizo adalah fenomena alam. Berkat sinar matahari yang memantul di permukaan air laut berwarna tosca, berenang di gua bercahaya biru ini terasa seperti berenang di dunia lain, tapi nyata. Tidak hanya di bawah tanah, pulau ini juga tak kalah indah di permukaan. Jadi segera pesan kamar dengan pemandangan spektakuler dari tepi pelabuhan di Megisti Hotel.

Hamilton Pool di Texas, AS

Air terjun mengalir bebas di Hamilton Pool di Texas

Ribuan tahun lalu sebuah kubah dari sungai bawah tanah runtuh dan menciptakan salah satu lubang kolam paling terkenal di AS. Air terjun mengalir bebas ke Hamilton Pool, sementara atap batuannya menaungi para perenang dari panasnya matahari Texas. Lempengan batu kapur di tepinya merupakan tempat yang sempurna untuk piknik. Mencari tempat untuk menginap? Amici BnB yang gaya berlokasi hanya 20 menit berkendara dari sana.

Cenote Xkeken in Yucatan, Meksiko

Batuan seperti tetesan es menggantung di atas Cenote Xkeken di Yucatan

Suku Maya percaya bahwa cenote atau lubang kolam alami di Yucatan adalah jalan masuk manusia ke kehidupan lain setelah kematian. Kini, banyak traveler ke sana untuk berenang di air berwarna kehijauan di bawah sinar matahari. Mengagumi langit-langitnya yang semegah katedral adalah pengalaman menakjubkan untuk semua kepercayaan. Keringkan badan di La Casa del Angel, lalu berkendaralah ke situs arkeologi Chichen Itza untuk mendalami lebih jauh tentang kebudayaan orang Maya.

Grotta Giusti di Tuscany, Italia

Menyelami gua di bawah Grotta Giusti di Tuscany

Grotta Giusti, vila Tuscany dari abad ke-19 yang diubah menjadi hotel spa mewah, dibangun di atas sumber mata air panas dan jaringan gua. Di atas permukaan, ada fasilitas tradisional layaknya hotel bintang empat (kolam besar, restoran mewah, dll). Di bawah permukaan, ada kejutan untuk Anda. Gua-guanya sebagian spa, sebagian lagi tempat bermain bagi para penyelam. Jadi Anda bisa memilih bersantai di ruangan uap berhias lilin, atau cave diving.

Poco Azul di Bahia, Brasil

Mengapung di air kristal di Poco Azul di Bahia

Anda bisa mengunjungi Poco Azul setiap hari karena lubang kolam ini selalu bersuhu rata-rata 23° sepanjang tahun. Namun, waktu kunjungan Anda sangat penting. Saat subuh dan larut malam, cahaya matahari yang menembus batu membuat air terlihat seperti kristal, membuat Anda seakan melayang 18 meter di udara. Demi mendapatkan kesempatan terbaik untuk mengabadikan ilusi optik ini, menginaplah di Hostel das Estrelas.

Hidden Beach di Marietas Islands, Meksiko

‘Langit-langit’ megah di Playa del Amor di Marietas Islands

Anda harus melihat kolam renang bawah tanah ini secara langsung untuk bisa mempercayainya. Playa del Amor terletak jauh di dalam Marietas Islands. Pantai ‘tersembunyi’ atau pantai ‘kekasih’ ini bisa diakses melalui terowongan air panjang dari laut dan tepian pasir putih. Sebuah tempat yang sempurna untuk bersantai di siang hari. Traveler yang mencari tempat retret tradisional akan menyukai pantai pribadi di The St. Regis Punta Mita Resort.

Green Cave in Grize, Kroasia

Sinar matahari memantul di ganggang laut Green Cave di Grize

Pintu masuk Green Cave menghadap Laut Adriatik. Traveler yang mencari adrenalin sering memilih untuk hiking ke atas tebing lalu loncat ke air. Dari sana Anda bisa berenang atau naik perahu ke gua. Di dalam gua, sinar matahari yang memantul di ganggang laut mengubah warna air menjadi safir dan zamrud. Jika Anda ingin menginap di pulau, Villa Kate yang menghadap ke laut sangat direkomendasikan.

The Grotto di Bruce Peninsula National Park, Kanada

Pahatan laut yang menggantung di atas The Grotto di Bruce Peninsula National Park

Menampilkan suasana Mediterania di garis pantai Ontario yang memukau, The Grotto di Bruce Peninsula National Park adalah salah satu kolam renang alami paling populer di Kanada. Tebing batu dolostone tererosi dari bawah oleh ombak selama berabad-abad, membentuk batu menggantung di atas air kekristalan yang bergelimang. Anda bisa berkemah di taman, atau kalau Anda lebih memilih tidur di kamar ber-AC, menginaplah di Escarpment Heights Motel yang tak jauh.

To Sua Ocean Trench di Lotofaga, Samoa

Parit laut To Sua sedalam 30 meter di Lotofaga

To Sua Ocean Trench secara teknis memang tidak berada di bawah tanah, tapi cukup mendekati untuk masuk dalam daftar ini. Tenggelam hingga 30 meter, kolam renang alami ini dikelilingi kebun lebat dan bisa diakses melalui tangga kayu yang menarik dan kokoh. Habiskan beberapa jam mengapung di tengah-tengah suasana tenang, lalu nikmati malam yang indah di Seabreeze Resort (lengkap dengan pantai pribadinya).

Oh ya, jangan lupa pastikan kamu menggunakan jasa pembuatan kolam renang profesional untuk mewujudkan kolam renang impianmu, ya. Selamat bersantai di kolam renang idaman!